TIPS ATASI PERUT KEMBUNG PADA ANAK

Assalamu’alaikum Wr.Wb. para Ibu yang semoga diridhai Allah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Di blog ini, saya berbagi informasi seputar tumbuh kembang putraku. Kalau para Ibu berminat, niat, dan antusias dalam memberikan kesehatan anak, silakan simak serentetan kisahku. Para Ibu juga bisa kisahkan pengalaman mengasuh anak dan memberikan solusi permasalahan fenomenal (SPF) dengan memberikan komentar .
Bayi dari pasangan suami istri merupakan suatu anugerah yang wajib bagi setiap pasangan syukuri. Cara saya mensyukuri atas anugerah tersebut yaitu dengan menyusui, memberikan rangsangan pendidikan kepribadian serta mengamati perkembangan dan pertumbuhan putraku, Harun Abdurrazaq. Saat putraku berusia 1 bulan, pertumbuhan badannya mulai besar dan kuat. Perkembangan putraku lebih fokus melihat Umi (panggilan Ibu dari bahasa Arab)  bahkan bisa menaggapi suara seperti bunyi murotal atau gas kendaraan sepeda motor. Meskipun kakinya mungkin masih agak bengkok, Dia mulai mampu mengangkat kepalanya sedikit saat  ditengkurapkan. Tangannya masih tetap terkepal dan jemarinya akan langsung menggenggam erat apa pun yang disentuhnya. Meski periode pacu pertumbuhan otak (brain growth spurt) anak dimulai sejak usia 3 bulan dalam rahim ibu, namun setelah lahir, aktivitas berpikir ini merupakan proses sosial.
Solusi Permasalahan Fenomenal (SPF): Malam hari setelah putraku lahir, ASI saya sudah keluar hingga usia satu bulan tidak pernah saya beri susu formula. Suatu hari, saya dan zauji (panggilan suamiku dalam bahasa Arab) harus mengambil ijazah di salah satu perguruan tinggi di tanah dingin JaTim dan tiba di rumah pukul 17.00 WIB. Kami titipkan Harun Abdurrazaq bersama mbah Kakung dan mbah Putri (sapaan untuk kakek dan Nenek dalam bahasa Jawa). Kami meminta agar Harun saat menangis diberi susu formula. Setiba kami dirumah, Harun tidak seperti biasanya saat minum ASI. Ia hanya minum sekitar 5 teguk kemudian tidur. Malam harinya, badannya panas dan belum BAB sejak pagi. Esok pagi harinya, perut putraku kembung. Minyak telon belum mampu untuk mengatasi kembungnya. Akhirnya, zauji menemukan resep herbal yakni daun jarak dipanaskan di atas magic jar atau rice cooker hanya sampai layu tidak kering. Kemudian, daun jarak ditetesi minyak telon ke seluruh lapisan. Setelah itu, daun jarak diremas tetapi tidak sampai sobek. Lalu, daun jarak ditempelkan ke perut putraku terutama bagian pusar harus tertutup daun. Alhamdulillah, selang beberapa jam, suhu tubuh putraku mulai normal dan kentut-kentut. Semoga resep ini bermanfaat, salam ukhuwah bagi bunda yang sedang merawat bayi imutnya dan anak anak yang menyejukkan hati.
Bookmark and Share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s